Minggu, 06 Januari 2013

METODE RISET BAB 1


BAB  I 
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Dunia usaha di Indonesia, mengalami perkembangan yang demikian pesat. Peningkatan yang terjadi pada pendapatan masyarakat menyebabkan masyarakat ingin dilayani lebih baik lagi. Setiap perusahaan melalui produk yang dihasilkannya / produk yang ditawarkan berusaha agar tujuan dan sasaran perusahaannya tercapai.
Tujuan umum perusahaan adalah membuat suatu produk / jasa dengan biaya serendah-rendahnya, menjual dengan harga wajar dan membentuk kebiasaan. Untuk mencapai semua itu perusahaan menentukan suatu metode peramalan (forecasting) akan produk dan jasa.
Peramalan (forecasting) permintaan akan produk dan jasa di waktu mendatang dan bagian-bagiannya adalah sangat penting dalam perencanaan dan pengawasan produksi. Peramalan yang baik adalah esensial untuk efisiensi operasi-operasi manufakturing dan produksi jasa.
Peramalan digunakan dalam manajemen produksi / operasi dalam pembuatan-pembuatan keputusan-keputusan yang menyangkut pemilihan proses, perencanaan kapasitas, dan layout fasilitas, serta untuk berbagai keputusan yang bersifat terus menerus berkenaan dengan perencanaan, scheduling dan persediaan.
Dalam hal ini penulis ingin membahas tentang : “PERAMALAN PENJUALAN PADA PT. MANDOM INDONESIA. Tbk .”


1.2 Perumusan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis hanya akan merumuskan masalah antara lain :
1.       Berapakah besarnya peramalan penjualan pada PT. Mandom
Indonesia. Tbk, pada tahun 2003
2.       Metode apakah yang paling tepat digunakan berdasarkan  
      Penyimpangannya yang terkecil

1.3  Pembatasan Masalah
 Batasan masalah yang akan dijelaskan adalah peramalan penjualan di tahun 2003 dan metode apakah yang paling tepat digunakan berdasarkan penyimpangannya yang terkecil dengan data penjualan dari tahun 1995 sampai tahun 2002 dengan menggunakan metode least square, rata-rata bergerak dan exponential smoothing.

1.4  Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan ilmiah ini adalah :
1.      Untuk meramalkan volume penjualan pada tahun 2003
2.      Untuk mengetahui metode yang paling tepat digunakan berdasarkan penyimpangannya yang terkecil

1.4  Metodologi Penelitian
Dalam penyusunan penulisan ilmiah ini, metode yang dilakukan penulis untuk memperoleh data-data yang kongkret dari obyek yang diteliti adalah sebagai berikut :
1.4.1        Metode Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data-data, penulis melakukan pengambilan data dari 1995 sampai 2002 dengan cara :
                        1. Penelitian Kepustakaan
Yaitu untuk memperoleh pengetahuan konsepsi dalam melihat permasalahan teori dan ilmiah melalui bacaan-bacaan literature-literature dalam bentuk teksbook, artikel serta bacaan lainnya yang berhubungan dengan permasalahan yang dibahas
                        2. Observasi Langsung
Yaitu mengadakan pengamatan langsung ke obyek yang diteliti untuk dapat mencari data sebagai bahan infomasi yang erat hubungannya dengan masalah yang dibahas.
1.4.2    Analisis Data
Pada penulisan ilmiah ini penulis menggunakan metode analisis data yaitu metode least square, rata-rata bergerak, dan exponential.

1.5  Sistematika Penulisan
 BAB I    : PENDAHULUAN 
Bab ini memuat tentang latar belakang masalah, tujuan penulisan, metodologi penulisan, serta sistematika penulisan.

 BAB II  :    LANDASAN TEORI

Dalam bab ini dijelaskan tentang pengertian peramalan (forecasting), kegunaan metode peramalan, kriteria pemilihan metode peramalan, dan tehnik-tehnik peramalan.

 BAB III  :   TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN 

Yang berisi mengenai sejarah singkat perusahaan, gambaran perusahaan dan struktur perusahaan. 

BAB IV  : PEMBAHASAN

Dalam bab ini akan dibahas analisis data dengan metode peramalan least square, rata-rata bergerak, dan exponential smoothing.

BAB V   : KESIMPULAN DAN SARAN

Pada bab ini akan dikemukakan kesimpulan dan saran-saran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar