Mengusung konsep eksklusif dengan pilihan desain baju atau kaos yang
inovatif, ternyata menjadi salah satu strategi jitu bagi para pelaku bisnis distro untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar dan mendapatkan perhatian dari calon konsumen.
Meskipun saat ini persaingan di industri garmen semakin hari semakin ketat, namun segmen pasar produk
distro tidaklah sama dengan produk garmen. Sehingga tidak heran bila di
tengah membludaknya produk garmen dari luar negeri, keberadaan outlet
distro di Indonesia malah semakin mewabah hingga berbagai penjuru
daerah.
Nah, agar bisnis distro Anda bisa tetap terus eksis, berikut ini kami informasikan beberapa konsep pemasaran unik yang bisa Anda jalankan:
1. Membuat konsep unik sesuai dengan komunitas yang Anda bidik.
Seperti
kita ketahui bersama, kehadiran distro sangatlah lekat dengan gaya
hidup anak muda yang cenderung senang berkumpul dan bergabung dengan
komunitas-komunitas tertentu sesuai dengan minat atau hobi yang mereka
miliki. Karena itu untuk memenangi persaingan, tidak ada salahnya bila
Anda membidik komunitas yang ada di sekitar Anda sebagai segmen pasar
yang cukup potensial. Contohnya saja seperti membidik komunitas sepeda,
penggemar bola, komunitas skater, distro muslimah, dan lain sebagainya.
Setelah menemukan konsep yang sesuai, selanjutnya buatlah desain produk
yang mewakili ciri khas komunitas tersebut, serta mulailah mendisplay
outlet Anda dengan interior atau ornamen tambahan yang senada.
2. Membuat desain unik untuk memancing respon konsumen.
Selain
membidik komunitas yang ada di sekitar kita, strategi pemasaran lain
yang perlu Anda jalankan yaitu berani tampil beda untuk memancing minat
pelanggan. Keunggulan produk distro yang dikenal masyarakat dengan
sebutan limited edition (satu kali produksi untuk satu desain) ternyata tidak menjadi jaminan kesuksesan bisnis distro Anda.
Oleh karenanya, ciptakan desain
yang unik, trendi, dan inovatif, agar produk Anda memiliki ciri khas
tertentu serta sentuhan nilai seni yang lebih tinggi. Misalnya saja
seperti mencantumkan kata-kata motivasi dalam setiap produk yang
didesain, mengangkat peribahasa plesetan untuk menarik minat pelanggan,
menggunakan bentuk animasi lucu sebagai ajang untuk berinovasi, atau
bisa juga membuat desain sederhana dan bersih untuk membidik konsumen
yang menyukai desain-desain simpel.
3. Menjalankan strategi pemasaran jemput bola menggunakan mobil distro keliling.
Tak
hanya para pelaku bisnis makanan saja yang bisa menjajakan dagangannya
dengan cara berkeliling. Sekarang ini ada beberapa pengusaha distro yang
mulai menjalankan strategi pemasaran jemput bola menggunakan mobil
keliling. Mereka mendisplay produk-produknya di dalam mobil, dan
berkeliling ke pusat keramaian untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.
Terbukti strategi pemasaran ini tidak hanya kreatif dari segi konsep,
namun juga cukup efektif untuk mendongkrak penjualan produk.
4. Memperluas jangkauan pasar dengan membuka toko online.
Seiring
dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, sekarang ini strategi
pemasaran online menjadi salah satu alternatif yang banyak dijalankan
para pelaku usaha. Murahnya biaya promosi yang dibutuhkan dan luasnya
jangkauan pasar di dunia maya, menjadikan media online sebagai lapak
dagang yang cukup potensial untuk mendatangkan banyak keuntungan.
Terbukti, banyak pelaku usaha distro yang mulai mendapatkan pelanggan,
reseller, bahkan agen pemasaran di setiap kota, setelah mereka
mempromosikan keberadaan distronya melalui dunia maya.
5. Melayani delivery order untuk memanjakan para konsumen.
Ketatnya persaingan pasar dan
banyaknya distro baru yang mulai bermunculan, menuntut para pelaku
bisnis distro untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk memanjakan para
konsumennya. Salah satunya saja seperti melayani delivery order untuk
memanjakan para konsumen yang lokasinya cukup terjangkau dari lokasi
distro Anda. Strategi pemasaran seperti ini belakangan mulai dijalankan
para pengusaha yang membuka lapak distro online.
Semoga kelima konsep pemasaran unik bisnis distro ini bisa
memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula di
industri distro untuk bisa mengoptimalkan pemasaran produknya dan
mendapatkan untung besar setiap bulannya
Sumber : http://bisnisukm.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar