Analisis
Jurnal Ilmiah Oleh : ANNE KARINA
SEKAR
NPM :
10210903
Kelas : 3EA10
1. Judul Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Jokers Coffee
di Kampus Gunadarma Depok.
Pengarang Karina Oktaviani
Tahun 2011
2. Tema Kepuasan Konsumen
3. Latar Belakang Masalah
Pengarang Karina Oktaviani
Tahun 2011
2. Tema Kepuasan Konsumen
3. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini dunia usaha sangat berkembang dengan pesat, karena banyaknya bermunculan ide – ide kreatif dan inovatif dilingkungan kita. Seiring dengan tumbuhnya ide- ide tersebut maka konsep pemasaran pun ikut berkembang. Depok merupakan salah satu daerah yang cukup banyak memiliki gedung pendidikan seperti kampus. ini menjadi acuan bagi pengusaha UKM, salah satunya adalah jenis minuman Jokers coffe yang terbuat dari coffe, serbuk biscuit, biscuit gulung, susu, batu es dan air yang disajikan dengan kemasan yang menarik sehingga mengundang konsumen untuk mencobanya. Jokers Cofee oleh mahasiswa Gunadarma sudah bukan menjadi minuman asing lagi, kepopuleran minuman ini belum surut dari dimulainya usaha tersebut. Jenis usaha ini di kampus gunadarma sangat memberikan peluang yang besar. Hal ini dapat dilihat dari semakin ketatnya persaingan didunia bisnis UKM.
4. Masalah
- Bagaimana besar pengaruh tingkat kepuasan
konsumen terhadap kualitas produk?
- Apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif
terhadap loyalitas konsumen?
5.
Tujuan
- Untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap
kualitas produk.
- Untuk mengetahui apakah kepuasan konsumen berpengaruh
positif terhadap loyalitas konsumen.
6. Metodologi
Data
& Variabel
Data yang digunakan
untuk penelitian adalah data primer yaitu data yang diperoleh melalui wawancara
kepada narasumber yaitu penjaga jokers coffee serta pengisian kuesioner oleh
responden.
Dengan jenis data yang
digunakan yaitu :
1. Data kualitatif yaitu
data non angka, berupa informasi atau penjelasan yang didasarkan pada
pendekatan teoritis dan penilaian logis.
2. Data kuantitatif
yaitu data angka.
Variable yang digunakan
:
- Variabel tidak
bebas (Y) adalah tingkat kepuasan konsumen yang diperoleh dari faktor- faktor
yang mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi Jokers Coffee.
- Variable bebas
(X) adalah faktor- faktor yang mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi Jokers
Coffee, atribut tersebut antara lain tingkat harga yang ditawarkan (x1) ,
banyaknya pilihan rasa (x2), bentuk kemasan (x3) dan kemudahan didapat (x4).
Metode
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan
metode statistika.
Model penelitian
Jokers Coffee merupakan salah
satu usaha franchise yang sedang naik daun, memiliki beberapa atribut yang
langsung dapat dirasakan oleh konsumen sebagai faktor – faktor yang mendukung
kepuasan konsumen antara lain harga(x1) , pilihan rasa(x2), kemasan(x3)
dan kemudahan didapat(x4).
7. Hasil
Faktor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan konsumen untuk berlangganan di Jokers Coffee. Dari penelitian yang
telah diamati terdapat beberapa faktor mengapa sebagian besar konsumen Jokers
Coffee di daerah Depok, menjadi pelanggan tetap, antara lain sebagai berikut :
1. Harga terjangkau.
2. Banyak pilihan rasa.
3. Kemasan.
4. Mudah didapat.
8. Kesimpulan
Faktor-faktor yang menjadi
pengaruh naiknya tingkat minat konsumen untuk mengkonsumsi Jokers Coffee,
karena mereka beranggapan bahwa Jokers Coffee adalah minuman yang menyegarkan
untuk dikonsumsi terlebih pada siang hari dengan berbagai pilihan rasa dan harga
terjangkau. Umumnya kepuasan konsumen menjadi titik tolak besar kecilnya
loyalitas pelanggan terhadap suatu produk ataupun jasa. Jokers Coffee
menghadirkan sensasi Coffee Ice Blend yang dikemas modern dengan berbagai
pilihan rasa dan harga yang terjangkau. Coffee adalah salah satu minuman yang
hampir disukai oleh seluruh masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar