Sabtu, 13 Oktober 2012

Analisis Jurnal 1 : Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Jokers Coffee di Kampus Gunadarma Depok


Analisis Jurnal Ilmiah Oleh      : ANNE KARINA SEKAR 
NPM                                            : 10210903
Kelas                                          : 3EA10

1. Judul            Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Jokers Coffee
             di Kampus Gunadarma Depok.

   Pengarang    Karina Oktaviani
   Tahun            2011

2. Tema            
Kepuasan Konsumen

3. Latar Belakang Masalah 

Dewasa ini dunia usaha sangat berkembang dengan pesat, karena banyaknya bermunculan ide – ide kreatif dan inovatif dilingkungan kita. Seiring dengan tumbuhnya ide- ide tersebut maka konsep pemasaran pun ikut berkembang. Depok merupakan salah satu daerah yang cukup banyak memiliki gedung pendidikan seperti kampus. ini menjadi acuan bagi pengusaha UKM, salah satunya adalah jenis minuman Jokers coffe yang terbuat dari coffe, serbuk biscuit, biscuit gulung, susu, batu es dan air yang disajikan dengan kemasan yang menarik sehingga mengundang konsumen untuk mencobanya. Jokers Cofee oleh mahasiswa Gunadarma sudah bukan menjadi minuman asing lagi, kepopuleran minuman ini belum surut dari dimulainya usaha tersebut. Jenis usaha ini di kampus gunadarma sangat memberikan peluang yang besar. Hal ini dapat dilihat dari semakin ketatnya persaingan didunia bisnis UKM.

4. Masalah 
 

      -     Bagaimana besar pengaruh tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk?
      -    Apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen?

5. Tujuan 

      -  Untuk mengukur  tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk.
      - Untuk mengetahui apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif  terhadap loyalitas konsumen.

6. Metodologi 

Data & Variabel

Data yang digunakan untuk penelitian adalah data primer yaitu data yang diperoleh melalui wawancara kepada narasumber yaitu penjaga jokers coffee serta pengisian kuesioner oleh responden.
Dengan jenis data yang digunakan yaitu :
1. Data kualitatif yaitu data non angka, berupa informasi atau penjelasan yang didasarkan pada pendekatan teoritis dan penilaian logis.
2. Data kuantitatif yaitu data angka.

Variable yang digunakan :
- Variabel tidak bebas (Y) adalah tingkat kepuasan konsumen yang diperoleh dari faktor- faktor yang mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi Jokers Coffee.
- Variable bebas (X) adalah faktor- faktor yang mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi Jokers Coffee, atribut tersebut antara lain tingkat harga yang ditawarkan (x1) , banyaknya pilihan rasa (x2), bentuk kemasan (x3) dan kemudahan didapat (x4).

Metode 
     Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode statistika.

Model penelitian
     Jokers Coffee merupakan salah satu usaha franchise yang sedang naik daun, memiliki beberapa atribut yang langsung dapat dirasakan oleh konsumen sebagai faktor – faktor yang mendukung kepuasan konsumen antara lain  harga(x1) , pilihan rasa(x2), kemasan(x3) dan kemudahan didapat(x4).


7. Hasil

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen untuk berlangganan di Jokers Coffee. Dari penelitian yang telah diamati terdapat beberapa faktor mengapa sebagian besar konsumen Jokers Coffee di daerah Depok, menjadi pelanggan tetap, antara lain sebagai berikut :
               
1.    Harga terjangkau.
2.    Banyak pilihan rasa.
3.    Kemasan.
4.    Mudah didapat.

8. Kesimpulan

Faktor-faktor yang menjadi pengaruh naiknya tingkat minat konsumen untuk mengkonsumsi Jokers Coffee, karena mereka beranggapan bahwa Jokers Coffee adalah minuman yang menyegarkan untuk dikonsumsi terlebih pada siang hari dengan berbagai pilihan rasa dan harga terjangkau. Umumnya kepuasan konsumen menjadi titik tolak besar kecilnya loyalitas pelanggan terhadap suatu produk ataupun jasa. Jokers Coffee menghadirkan sensasi Coffee Ice Blend yang dikemas modern dengan berbagai pilihan rasa dan harga yang terjangkau. Coffee adalah salah satu minuman yang hampir disukai oleh seluruh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar